Kamis, Mei 13, 2010

Tips Menjadi Public Speaker

Hai sodara-sodara sebangsa sesama blogger....
setelah posting sebelumnya yang intinya cuman ngabarin kalau aku masih eksis (lagi) di dunia maya (blogger) ini, Tips yang aku posting ini bakalan jadi postingan perdanaku setelah sekian lama aku berusaha menyelamatkan dunia (kuliah)..

Sebenernya tips ini bukan asli dari aku, tapi dari seorang profesional.
Siapa dia???
*jeng jeng jeng jeng*
Tina Talisa!!!
yup, bener banget
T.I.N.A T.A.L.I.S.A presenter berita di salah satu stasiun televisi swasta di Indonesia...

Mungkin kalian pada penasaran gimana caranya kok bisa dapet tips dari Tina,,
Mungkin kalian ngira aku buntutin dia, neror dia gitu kayak di pilem-pilem biar mau ngasi tips ini
(ngapain juga aku mau ribet-ribet neror dia??) *mulai mikir ngapain kok pake neror2 Tina*

Well, sebelum kalian mikir yang nggak-nggak, aku kasi tau yang sebenernya.
Hari Sabtu, 8 Mei 2010 kemaren sebenernya ada seminar nasional retorika 2010 di kampus ku. Dan salah satu pematerinya ya Tina Talisa itu..

Oke, cukup buat infonya, sekarang langsung aja ke tips nya...
Ada 5 tips utama buat jadi public speaker yang baik (menurut Tina)
Check these out!!!

1. Yang utama nih, kita harus punya sikap "Here I am, There you are".
Maksudnya nih kita jangan ngomong sendiri tanpa ada yang dengerin. Ntar disangka oranng gila lagi, pake ngomong-ngomong sendiri padahal gak ada yang diajak ngobrol hehe..

Itu kesimpulan yang ngaco, tapi gak sepenuhnya ngaco. Yang bener adalah kita harus bisa menempatka diri kita dengan baik di antara para audience. Kalau misalnya kita ada di acara formal dan audience-nya orang-orang penting, ya kita harus bisa berbicara sopan dan formal. kita juga harus bisa menghargai pendengar kita. Jangan sampe audience kita merasa diremehkan. Inget itu baik-baik! kalau gak, justru kita yang bakalan repot karena gak bakal ada audience yang tertarik sama kita dan akhirnya kita bakal kayak orang gila yang ngomong sendiri.


2. Yang kedua adalah "Memanjangkan yang pendek, Memendekkan yang panjang"
Kalian mungkin pada bingung gak ngerti dan gak paham sama sekali apa maksud dari statement di atas. Eits, jangan keburu mikir jorok!!
statement itu bukan turunan rumus dari Mak Irit ato Mak Urut ato Mak Mak yang laen. Itu bukan rumus buat hal-hal yang gak perlu dipamerin di depan publik. Malahan itu rumus buat dipamer-pamerin di depan orang..

Rumus itu maksudnya adalah kita harus bisa mengefektifkan waktu dan content yang mau kita omongin di publik. Kalau misalnya kita cuman punya bahan sedikit tapi alokasi waktu buat ngomong tuh banyak, kita harus bisa tuh gacor-gacor, gimana caranya manjang-manjangin informasi yang kita punya sampe batas waktu yang disediakan. Itu yang dimaksud "memanjangkan yang pendek". Tapi inget, kita harus tetep tanggung jawab sama omongan kita. Bukan gara-gara kita harus gacor terus kita ngarang info gitu ato jadinya cuman nge-bluff omong kosong doank ya gak baik juga..

Selaen itu kalau kita punya waktu terbatas tapi banyak yang harus disampein, kita harus bisa meng-compress informasi itu biar bisa disampein dalam waktu singkat tapi tetep informatif. Itu yang dimaksud "Memendekkan yang panjang".


3. Selanjutnya yang ketiga nih, "Membuat yang rumit menjadi sederhana"
Ini bukan rumus buat masak kalau gak ada yang bisa dimasak akhirnya cari apa aja yang bisa dimasak sampe-sampe kalau bisa gak perlu masak deh... (aku bingung sebenernya ngomong apa)

Rumus ini berguna banget buat kita waktu kita jadi public speaker. Kita harus bisa menyederhanakan informasi yang kita punya biar mudah dimengerti sama pendengar. Jangan mentang mentang kita jago kita jago itung-itungan terus ngomong "hasil satu juta dua ratus lima puluh ribu ini didapat dengan cara mengali-duakan profit yang kita dapat terus ditambah uang balik modal dan dikurangi modal yang telah kita keluarkan sebanyak lima ratus ribu" *mulai bingung ngomong apaan* di depan orang yang gak begitu ahli itung-itungan. Kalau sampe kita nglakuin itu, for sure kita bakalan menerima banyak barang yang ditimpukin orang-orang ke kita.

Jadi, kita harus bisa menyederhanakan itu semua. Kita gak perlu ngasih hasil yang sedetil-detilnya tapi bisa kita bulatkan sehingga audience bisa nangkap apa yangn kita bicarakan.


4. Yang keempat, "Membuat yang tidak menarik menjadi menarik"
Ini rumus berguna banget buat kamu kamu yang punya wajah gak jelek tapi juga gak begitu cakep alias pas-pas an hehe (no offense) Yang paling penting gimana caranya bikin diri kita menarik dulu biar kita tuh eye-catching, misalnya rambut di-mowhawk dicat blonde terus pake tindik biar orang langsung ngeliat kalau kita beda(yang ada sih orang malah lari liat gituan)...

However, itu bener..kita harus bisa bikin penampilan kita beda dan menarik tapi juga sesuai sama occasion nya. Terus bikin materi kita yang orang kira gak menarik buat dibicarain menjadi menarik banget buat didengar. Jangan sampe audience kita ketiduran gara-gara dongengan kita.


5. the last one is "Be yourself, but be the best of you"
Ini yanng harus kita inget-inget, Jadi diri sendiri. Jangan suka jadi imitator alias niru orang sampe cara ngomong dan suara kita mau kita mirip-miripkan sama orang lain. Masa' kita cuman jadi follower aja? Jadikan diri kita trendsetter donk biar kita diinget sama orang dengan ciri khas kita sendiri. Jangan sampe orang inget kita karena orang lain.

Misal kalian dikenalin ke orang yang pernah tau cara ngomong kalian, terus orang itu inget dan bilang "Oh, yang Tika versi dua itu ya?"
Iiihhh, gak banget! masa' kita dianggap kloningan orang lain??

Makanya, kita harus bisa jadi diri kita sendiri apa adanya dengan tetap mengindahkan norma dan aturan-aturan yang ada. Jangan sampe juga nih, saking "be yourself"nya kita sampe ngomong di depan umum pake kaos oblong sama jeans belel padahal itu acara wisuda... Wah, dikirain pasien nyasar nih. Jadi, be yourself tapi be yang terbaik dari dirimu..


Well, that's all folks..Semoga aja dengan adanya postingan ini bisa jadiin kalian public speaker yang baik. Mungkin kalian yang punya keinginan ato obsesi ngomong di depan umum buat jualan baju ato jadi salesperson jadi bisa punya self-confident gara gara postingan ini dan gak jadi ragu ragu lagi buat mewujudkan ambisi kalian itu hehehe...

c u in another post!!!

2 komentar:

  1. wahhh!!!... keren juga tipsnya!! ^^/
    bisa ditrapin jugadalam menulis tuh!!.. Wkwkwkk.. XD

    BalasHapus